Liburan Edukatif Versi Tempat Bersejarah di Indonesia

Tempat bersejarah merupakan salah satu destinasi liburan dalam negeri yang tak boleh dilewatkan! Yuk, simak beberapa daftar destinasi yang wajib masuk bucket list-mu! 

Indonesia memang negara yang kaya! Tidak hanya terkait sumber daya alam, tapi juga perjalanan sejarahnya yang panjang. Berbagai sudut di negeri ini menyimpan rekam jejak sejarah yang tetap eksis dan terawat hingga saat ini.

Mengunjungi tempat bersejarah pun menawarkan sensasi tersendiri. Tidak sekadar berlibur dan menenangkan pikiran, kamu pun berkesempatan untuk mendalami perjalanan bangsa dan meningkatkan perasaan cinta tanah air.

Yuk, simak 5 daftar tempat bersejarah di Indonesia yang telah dirangkum oleh

1. Istana Maimun, Medan

Terletak di Medan Sumatra Utara, Istana Maimun merupakan bangunan megah peninggalan Kesultanan Deli yang masih terawat hingga sekarang. Istana ini dibangun pada 1888 oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah dengan bantuan arsitek asal Italia.

Dengan luas yang mencapai 2.772 meter persegi, Istana Maimun mempunyai total 30 ruangan yang desainnya terinspirasi dari berbagai belahan dunia. Karena itu, kamu tidak hanya akan menemukan arsitektur bergaya Melayu, tapi juga timur tengah dan eropa.

2. Tempat Bersejarah di Semarang: Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan yang banyak dikenal sebagai ikon Kota Semarang. Bangunan yang digagas pada 1904 ini telah berusia lebih dari seratus tahun dan menjadi saksi perjalanan bangsa Indonesia. Dulunya, Lawang Sewu pernah digunakan sebagai Kantor Pusat Administrasi Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS saat masa penjajahan Belanda.

Secara harfiah, Lawang Sewu sendiri berarti “seribu pintu”. Penamaan ini tentu bukan tanpa sebab, melainkan karena banyaknya pintu dan jendela berukuran besar yang dimilikinya. Meski begitu, jumlah pintu Lawang Sewu sendiri tidak mencapai seribu, tapi hanya 429 pintu.

3. Candi Borobudur, Magelang

Siapa sih yang tak tahu Candi Borobudur? Kompleks candi ini bahkan pernah dinobatkan sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur merupakan saksi kejayaan ajaran Buddha di Indonesia.

Keindahan dan kemegahannya berhasil menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam hingga luar negeri. Walau begitu, candi ini tidak hanya dijadikan sebagai objek wisata, tapi masih difungsikan dalam berbagai kegiatan keagamaan, khususnya pada Hari Raya Waisak.

4. Tempat Bersejarah di Makassar: Fort Rotterdam

Fort Rotterdam merupakan benteng pertahanan yang dibangun pada masa Kerajaan Gowa-Tallo dari tahun 1667. Awalnya benteng ini diberi nama Benteng Ujung Pandang, lalu beralih menjadi Fort Rotterdam saat kedatangan kolonial Belanda. Tidak lama setelahnya, bangunan ini berhasil kembali direbut oleh pasukan yang dipimpin Sultan Hasanudin.

Fakta unik dari benteng ini adalah salah satu ruangannya yang menjadi saksi sejarah saat Pangeran Diponegoro ditahan dan diasingkan. Dengan berkunjung ke Benteng Rotterdam, kamu dapat lebih mendalami sejarah dan kisah perjuangan pahlawan, khususnya dalam masa penjajahan Belanda.

5. Taman Sari, Yogyakarta

Destinasi tempat bersejarah lainnya yang perlu kamu ketahui ialah Taman Sari Yogyakarta. Bangunan ini pertama kali digagas pada masa Sultan Hamengku Buwono I sebagai taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bangunan dengan luas awal 10 hektar ini mempunyai 57 bangunan yang mencakup kompleks kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, pulau buatan, lorong bawah tanah, dan masih banyak yang lainnya.  Destinasi satu ini pun telah melewati berbagai peristiwa bersejarah, seperti masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga momentum kemerdekaan bangsa Indonesia.

Itu dia beberapa daftar tempat bersejarah di Indonesia yang perlu kamu ketahui dan kunjungi di masa mendatang. Dengan menyaksikan ragam tempat bersejarah, kita akan lebih memahami perjuangan dan perjalanan bangsa tercinta.

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *