Sayuran Hijau dan Segudang Manfaatnya

Kenapa sayuran bisa berwarna hijau?

Sayur-sayuran memiliki berbagai warna, misalnya wortel yang berwarna oranye, terong yang ungu, lobak yang putih, dan sayur-sayuran lain yang sebagian besar berwarna hijau. Warna yang ada dalam sayur-sayuran bukanlah pigmen biasa yang hanya memberikan warna, tetapi juga mengandung zat-zat lainnya yang memberikan kebaikan pada tubuh kita.

Warna hijau pada sayuran dihasilkan dari pigmen yang bernama klorofil. Selain klorofil, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan pada sel-sel tubuhmu. Dalam jangka panjang, zat-zat baik ini bisa mencegah penyakit. Bayam, katuk, sawi, bakchoi, selada, brokoli, dan kangkung adalah beberapa contoh sayuran yang termasuk sayuran hijau. Soba & Sosa paling suka sayur yang mana?

Kenapa sayuran hijau sangat penting untuk dikonsumsi?

Sayuran hijau sangat kaya akan vitamin A, C, K, B, kalium, dan serat. Sayuran hijau juga mengandung kalori yang rendah. Sayuran hijau juga mengandung zat besi yang bisa bantu kamu cegah anemia. Secara umum, semakin gelap warna hijaunya, maka semakin banyak zat gizi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari sayuran hijau.

1. Menjaga kesehatan jantung

Sayuran hijau merupakan sumber folat, salah satu jenis vitamin B, yang membantu menjaga kesehatan jantung. Zat-zat gizi dalam sayuran hijau juga bisa membantu menjaga tekanan darah normal untuk mencegah hipertensi dan menjaga kolesterol dalam darah tetap normal. Semua kebaikan ini akan menjaga kesehatan jantung kita.

2. Sumber antioksidan

Sebagai sumber antioksidan, sayuran hijau memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas. Jika diiringi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti tidak merokok, rajin berolah raga, dan membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak, mengonsumsi sayuran hijau bisa membantu pencegahan penyakit-penyakit kronis.

3. Menjaga berat badan ideal

Menambahkan jumlah sayuran hijau dalam isi piringmu dapat mencegah konstipasi dan menjaga kesehatan saluran cerna. Saluran cerna yang sehat akan membantu kamu mempertahankan berat badan ideal jika kamu imbangi dengan aktivitas fisik yang cukup dan mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak.

Dalam anjuran Isi Piringku, setengah isi piringmu setiap kali makan seharusnya diisi dengan sayur dan buah. Nah, setelah menyimak pentingnya konsumsi sayuran berdaun hijau di atas, kamu pasti semakin yakin untuk meningkatkan jumlah sayuran yang akan kamu makan, kan? Yuk, cek resep-resep sayuran yang gampang kamu olah di Instagram @KerenDimakan. Tetap sehat dan keren ya, Soba & Sosa!

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *