PERBEDAAN ANTARA LONG BLACK, AMERICANO DAN KOPI TUBRUK

Kopi boleh sama hitam, tapi soal nama, rasa dan hasil akhirnya tentu saja bisa berbeda. Namun ketiganya berbeda dalam kenikmatan yang tak serupa. Lalu apa bedanya kopi hitam ini: long black, americano, dan kopi tubruk?

BANYAK dari kita yang mengira bahwa kopi hitam hanya satu jenis saja. Kopi hitam berarti kopi dan air tanpa dicampur apa-apa. Tanpa gula, tanpa susu, tanpa perasa. Namun ternyata banyak sekali jenis kopi hitam yang hadir di menu kopi. Mulai dari americano, long black, kopi tubruk, filter coffee, espresso, lungo, ristretto, sampai cold brew dan cold drip. Semua kopi yang tersebut tadi adalah kopi hitam. Namun rasanya berbeda. Proses membuatnya pun tak serupa.

Jika ditanya jenis minuman kopi apa yang pertama kali kita kenal mungkin jawabannya adalah kopi hitam. Kopi hitam menjadi kopi pertama yang mungkin hadir di kehidupan kita. Orang tua di rumah sudah mengonsumsinya sejak mereka kecil dan hal tersebut juga diwariskan dari orang tua mereka: kakek nenek kita. Kopi hitam ini  dikenal sebagai kopi tubruk di beberapa wilayah Indonesia. Seiring berkembangnya zaman dan bertambahnya juga pengetahuan kita tentang kopi, kopi hitam ternyata tak sesederhana yang kita kenal semasa kecil.

Dari banyaknya kopi hitam tadi, ada tiga menu kopi hitam yang sering dianggap identik. Ya, dia adalah americano, long black dan kopi tubruk. Ketiganya berbeda dan bisa dengan gampang dipaparkan perbedaannya meski katanya rasanya nyaris sama. Untuk kamu yang penasaran apa perbedaan ketiganya, sila simak poin-poinnya di bawah ini.

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *