PT KAI Palembang: 12.169 pemudik gunakan kereta api pada H-1 Natal

Palembang – PT KAI Divre III Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), mendata, 16.811 orang pemudik asal wilayah itu menggunakan kereta api pada H-1 Natal 2023.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Minggu, mengatakan memasuki hari keempat posko angkutan Natal 2023 dan tahun baru 2024 sebanyak 6.029 penumpang yang naik dari Kertapati, 3.803 penumpang yang tiba di stasiun Kertapati dan selebihnya di stasiun tujuan penumpang yang dilalui yaitu Kertapati, Payakabung, Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Tebing Tinggi, Kota Padang dan Lubuk Linggau.

Ia menjelaskan puncak arus mudik momen tersebut dimulai pada tanggal 22 Desember 2023 dengan total sebanyak 3.379 penumpang yang telah berangkat menggunakan kereta api.

“Pada momen Natal-tahun baru, KAI menetapkan masa posko angkutan selama 18 hari yang dimulai dari tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024,” jelasnya.

Kemudian, guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, pihaknya mempersiapkan petugas ekstra di beberapa titik rawan yang merupakan daerah pemantauan khusus sebanyak 52 titik terutama di lintas Kabupaten Muara Enim – Lahat – Tebing Tinggi dan Lubuk Linggau dan menyiapkan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di daerah rawan.

Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib, unit pengamanan bekerja sama dengan TNI POLRI (eksternal).

Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.

Selama periode Angkutan Natal-Tahun Baru, KAI Divre III Palembang menyediakan 43.466 tempat duduk, ada penambahan 734 dari jumlah sebelumnya 42.732. Hal ini karena ada penambahan satu kereta atau gerbong di KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP) dari tanggal 21 sampai dengan 27 Desember 2023.

Berdasarkan pantauan ketersediaan tiket hingga saat ini tercatat penjualan tiket sudah mencapai 95 persen dari total tempat duduk yang tersedia atau sebanyak 41.759 tempat duduk yang sudah terjual.

#judionline #judislot #promojudi #beritaviral #beritaterkini #slotgacor #slotonline

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *